BLOGGER TEMPLATES AND MySpace 1.0 Layouts »

Minggu, 28 Februari 2010

AUDIT PEMASARAN

Tugas : Pemeriksaan Akuntansi Dosen : Renny Nur'aini

AUDIT PEMASARAN

Definisi
Menurut Shuchman: suatu penelaahan yang sistematis, teoritikal, dan tidak memihak dari operasi pemasaran total
Menurut Kotler: suatu pengujian yang komprehensif, sistematis dan independen dan periodik dari suatu perusahaan, unit usaha, lingkungan pemasaran, strategi dan aktivitas dengan maksud untuk menentukan area masalah dan peluang serta merekomendasikan suatu rencaan tindakan untuk memperbaiki kinerja perusahaan
Manfaat Audit Pemasaran
Analisis mengenai lingkungan eksternal dan situasi internal
Penilaian kinerja masa lalu dan aktivitas sekarang
Identifikasi peluang dan ancaman masa yang akan datang
Bentuk Audit
Audit Eksternal
Berhubungan dengan variabel yang tidak dapat dikendalikan oleh perusahaan, dimulai dari pengujian informasi ekonomi umum menuju pertumbuhan pasar yang dilayani oleh perusahaan
Audit Internal
Berkaitan dengan variabel yang dapat dikendalikan oleh perusahaan yang bertujuan untuk menilai sumber daya organisasi sebagaimana berhadapan dengan sumber daya pesaing.

Menurut Richard M. S. Wilson, struktur audit pemasaran terdiri dari tiga langkah
Lingkungan organisasi (peluang dan ancaman)
Sistem pemasaran (kekuatan dan kelemahan)
Aktivitas pemasaran

Area yang harus diselidiki sebagai bagian audit pemasaran
Audit Eksternal
Lingkungan usaha dan ekonomi
Pasar
Kompetisi
Audit Internal
Variabel operasional pemasaran
Operasi dan sumber daya
Tujuan pemasaran,
Strategi pemasaran
Struktur
Sistem informasi
Sistem perencanaan
Sistem pengendalian
Efisiensi fungsional
Efisiensi antar fungsional
Analisis kemampulabaan
Analisisi efektivitas biaya

Langkah Langkah Audit Pemasaran
Menurut Grashof
Aktivitas pra audit
Pengumpulan informasi
Analisis informasi
Formulasi dan rekomendasi
Pengembangan dari program implementasi

Menurut Cannon
Mendefinisikan pasar
Menentukan deferensial kinerja
Menentukan perbedaan dalam program kompetitif
Membuat riwayat strategi pesaing
Menetukan struktur perencanaan strategik

Menelaah Efektivitas Pemasaran
Untuk menentukan sejauh mana organisasi merefleksikan 5 karakteristik utama dari orientasi pemasaran:
Falsafah yang berorientasi pelanggan
Organisasi pemasaran yang diintegarasikan
Informasi pemasaran yang cukup
Orientasi strategik
Efisiensi operasional
Peranan Analisis SWOT
Setiap unit usaha perlu mengembangkan informasi pemsaran untuk mengikuti kecenderungan yang dikategorikan sebagai Opportunity = kesempatan dan Threat = ancaman

Dasar dasar untuk mengembangkan keunggulan bersaing dibagi dalam 3 kelompok
Keunggulan organisasi
Keunggulan departemental dan fungsional
Keunggulan yang didasarkan pada hubungan dengan badan eksternal

Karakteristik Audit yang efektif menurut Kotler
Komprehensif / menyeluruh
Independen
Berkala

Prosedur Audit
Dimulai dari persetujuan yang dicapai antara direktur pemasaran dengan auditor pemasaran, tujuan khusus, luas dan dalamnya cakupan, sumber data dan format laporan dan periode audit
Komponen Audit
Audit Lingkungan Pemasaran
Audit Strategi pemasaran
Audit Organisasi pemasaran
Audit Sistem pemasaran
Audit produktivitas pemasaran
Audit fungsi pemasaran



Audit Lingkungan Pemasaran
Mencakup analisis kekuatan ekonomi makro utama dan kecenderungan dalam lingkungan tugas organisasi
Audit Strategi pemasaran
Fokus pada penelaahan dari tujuan dan strategi pemasaran terhadap lingkungan pasar sekarang dan yang akan datang
Audit Organisasi pemasaran
Menilai kemampuan struktur organisasi dalam menerapkan strategi untuk mengembangkan lingkungan.

Audit Sistem pemasaran
Mencakup mutu dari sistem organisasi untuk menganalisisi, perencanaan dan pengendalian
Audit produktivitas pemasaran
Menguji aspek aspek yang berbeda dari program pemasaran dan efektifitas biaya dari berbagai tingkat pengeluaran pemasaran
Audit fungsi pemasaran
Mencakup penilaioan yang rinci dari setiap unsur bauran pemasaran Audit fungsi pemasaran



Opini : Audit pemasaran merupakan kegiatan pemeriksaan terhadap segenap program pemasaran pada suatu perusahaan atau unit bisnis secara komprehensif, sistematis, independen, dan berkala dengan memberikan pendekatan yang terstruktur terhadap pengumpulan dan analisis data/informasi pada lingkungan bisnis yang kompleks dan selanjutnya dapat ditindak lanjuti dengan melakukan langkah-langkah korektif sehingga efektifitas program-program pemasaran dapat tercapai.

0 komentar:

Minggu, 28 Februari 2010

AUDIT PEMASARAN


Tugas : Pemeriksaan Akuntansi Dosen : Renny Nur'aini

AUDIT PEMASARAN

Definisi
Menurut Shuchman: suatu penelaahan yang sistematis, teoritikal, dan tidak memihak dari operasi pemasaran total
Menurut Kotler: suatu pengujian yang komprehensif, sistematis dan independen dan periodik dari suatu perusahaan, unit usaha, lingkungan pemasaran, strategi dan aktivitas dengan maksud untuk menentukan area masalah dan peluang serta merekomendasikan suatu rencaan tindakan untuk memperbaiki kinerja perusahaan
Manfaat Audit Pemasaran
Analisis mengenai lingkungan eksternal dan situasi internal
Penilaian kinerja masa lalu dan aktivitas sekarang
Identifikasi peluang dan ancaman masa yang akan datang
Bentuk Audit
Audit Eksternal
Berhubungan dengan variabel yang tidak dapat dikendalikan oleh perusahaan, dimulai dari pengujian informasi ekonomi umum menuju pertumbuhan pasar yang dilayani oleh perusahaan
Audit Internal
Berkaitan dengan variabel yang dapat dikendalikan oleh perusahaan yang bertujuan untuk menilai sumber daya organisasi sebagaimana berhadapan dengan sumber daya pesaing.

Menurut Richard M. S. Wilson, struktur audit pemasaran terdiri dari tiga langkah
Lingkungan organisasi (peluang dan ancaman)
Sistem pemasaran (kekuatan dan kelemahan)
Aktivitas pemasaran

Area yang harus diselidiki sebagai bagian audit pemasaran
Audit Eksternal
Lingkungan usaha dan ekonomi
Pasar
Kompetisi
Audit Internal
Variabel operasional pemasaran
Operasi dan sumber daya
Tujuan pemasaran,
Strategi pemasaran
Struktur
Sistem informasi
Sistem perencanaan
Sistem pengendalian
Efisiensi fungsional
Efisiensi antar fungsional
Analisis kemampulabaan
Analisisi efektivitas biaya

Langkah Langkah Audit Pemasaran
Menurut Grashof
Aktivitas pra audit
Pengumpulan informasi
Analisis informasi
Formulasi dan rekomendasi
Pengembangan dari program implementasi

Menurut Cannon
Mendefinisikan pasar
Menentukan deferensial kinerja
Menentukan perbedaan dalam program kompetitif
Membuat riwayat strategi pesaing
Menetukan struktur perencanaan strategik

Menelaah Efektivitas Pemasaran
Untuk menentukan sejauh mana organisasi merefleksikan 5 karakteristik utama dari orientasi pemasaran:
Falsafah yang berorientasi pelanggan
Organisasi pemasaran yang diintegarasikan
Informasi pemasaran yang cukup
Orientasi strategik
Efisiensi operasional
Peranan Analisis SWOT
Setiap unit usaha perlu mengembangkan informasi pemsaran untuk mengikuti kecenderungan yang dikategorikan sebagai Opportunity = kesempatan dan Threat = ancaman

Dasar dasar untuk mengembangkan keunggulan bersaing dibagi dalam 3 kelompok
Keunggulan organisasi
Keunggulan departemental dan fungsional
Keunggulan yang didasarkan pada hubungan dengan badan eksternal

Karakteristik Audit yang efektif menurut Kotler
Komprehensif / menyeluruh
Independen
Berkala

Prosedur Audit
Dimulai dari persetujuan yang dicapai antara direktur pemasaran dengan auditor pemasaran, tujuan khusus, luas dan dalamnya cakupan, sumber data dan format laporan dan periode audit
Komponen Audit
Audit Lingkungan Pemasaran
Audit Strategi pemasaran
Audit Organisasi pemasaran
Audit Sistem pemasaran
Audit produktivitas pemasaran
Audit fungsi pemasaran



Audit Lingkungan Pemasaran
Mencakup analisis kekuatan ekonomi makro utama dan kecenderungan dalam lingkungan tugas organisasi
Audit Strategi pemasaran
Fokus pada penelaahan dari tujuan dan strategi pemasaran terhadap lingkungan pasar sekarang dan yang akan datang
Audit Organisasi pemasaran
Menilai kemampuan struktur organisasi dalam menerapkan strategi untuk mengembangkan lingkungan.

Audit Sistem pemasaran
Mencakup mutu dari sistem organisasi untuk menganalisisi, perencanaan dan pengendalian
Audit produktivitas pemasaran
Menguji aspek aspek yang berbeda dari program pemasaran dan efektifitas biaya dari berbagai tingkat pengeluaran pemasaran
Audit fungsi pemasaran
Mencakup penilaioan yang rinci dari setiap unsur bauran pemasaran Audit fungsi pemasaran



Opini : Audit pemasaran merupakan kegiatan pemeriksaan terhadap segenap program pemasaran pada suatu perusahaan atau unit bisnis secara komprehensif, sistematis, independen, dan berkala dengan memberikan pendekatan yang terstruktur terhadap pengumpulan dan analisis data/informasi pada lingkungan bisnis yang kompleks dan selanjutnya dapat ditindak lanjuti dengan melakukan langkah-langkah korektif sehingga efektifitas program-program pemasaran dapat tercapai.

0 komentar on "AUDIT PEMASARAN"

Posting Komentar